Saturday, November 5, 2016

Definisi Komunikasi

Definisi dan Konteks Komunikasi : Definisi Komunikasi

Definisi Komunikasi
Apakah yang anda pikirkan bila mendengar kata Komunikasi ? Jawaban atas pertanyaan ini sangat beraneka ragam, mulai dari berdoa, bersendagurau, perpidato hingga penggunaan alat-alat elektronik yang canggih. Komunikasi adalah topik yang amat sering diperbincangkan bukan hanya dikalangan ilmuan komunikasi, melainkan juga dikalangan awam, sehingga kata komunikasi itu sendiri memilki terlalu banyak arti yang berlainan. Dalam wacana publik, kita serig mendengar kalimat atau frase yang mengandung kata Komunikasi atau turunannya, seperti "Hewan pun berkomunikasi dengan cara mereka masing-masing", kita harus mengkomunikasikan maslah ini kepada mahasiswa pada saat kuliah nanti, "Komputer adalah sarana komunikasi tercanggih", "kami belum menerima komunikasi dari perusahaan itu", "Orangnya tidak komunikatif", dan sebagainya. Pendeknya, istilah komunikasi sedemikian lazim di kalangan kita semua, meskipun masing-masing orang mengartikan istilah itu secara berlainan. Oleh karena itu, kesepakatan dalam mendefinisikan istilah komunikasi merupakan langkah awal utnuk memperbaiki pemahaman atas fenomena yang rumit ini.

Kata komunikasi atau communication dalam bahasa inggris berasal dari kata Latin communis yang berarti "sama", communico, communicatio, atau communicare yang berarti membuat sama. Istilah pertama paling sering disebut sebagai asal kata komunikasi yang merupakan akar dari kata-kata Latin lainnya yang mirip. Komunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan di anut secara sama. akan tetapi definisi-definisi kontemporer menyarankan bahwa komunikasi merujuk pada cara berbagi hal-hal tersebut, seperti dalam kalimat "kita berbagi pikiran,"kita mendiskusikan makna", dan "kita mengirimkan pesan".

Kata lain yang mirip dengan Komunikasi adalah komunitas yang juga menekankan kesamaan atau kebersamaan, Komunitas adalah sekelompok orang yang berkumpul atau hidup bersama untuk mencapai tujuan tertentu, dan mereka berbagi makna dan sikap. Tanpa komunikasi tidak akan ada komunitas, komunitas bergantung pada pengalaman dan emosi bersama, komunikasi berperan dan menjelaskan kebersamaan itu. Oleh karena itu, komunitas juga berbagi bentuk-bentuk komunikasi yang berkaitan dengan seni, agama, dan bahasa, dan masing-masing bentuk tersebut mengandung dan menyampaikan gagasan, sikap, perspektif, pandangan yang mengakar kuat dalam seharah komunitas tersebut.

Berbicara tentang definisi komunikasi, tidak ada definisi yang benar ataupun yang salah. Seperti juga model atau teori, definisi harus dilihat dari kemanfaatannya untuk menjelaskan fenomena yang di definisikan dan mengevaliasinya. Beberapa definisi mungkin terlalu sempit seperti "komunikasi adalah penyampaian pesan melalui pesan elektronik" atau terlalu luas, misalnya "komunikasi adalah interaksi antara dua makhluk hidup atau lebih" sehingga para peserta komunikasi ini mungkin termasuk hewan, tanaman, dan bahkan jin.

Komunikasi di definisikan secara luas sebagai "berbagi pengalaman". Sampai batas tertentu, setiap makhluk hidup dapat dikatakan melakukan komunikasi dalam pengertian berbagi pengalaman namun menurut saya Komunikasi adalah komunikasi manusia yang dalam bahasa inggrisnya adalah human communication.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Definisi Komunikasi Rating: 5 Reviewed By: Admin
Scroll to Top